I. PENGERTIAN BLENDER
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalti kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Keunggulan Blender 3D
• Interface yang user friendly dan tertata rapi.
• Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
• texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
• Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
• bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
• Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisadikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
• File Berukuran kecil.
• Free (gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik.
II. CARA MEMBUAT BASKET GAME
Dalam Makalah ini berisi tentang cara membuat game basket sederhana, pada pembuatan objek ini saya menggunakan aplikasi Blender 2.71, Game basket ini adalah game yang di kembangkan dari game memasukkan bola ke lubang hanya pda game basket ini nilai yang ada berada di atas atau lubangnnya tidak dibawah melainkan diatas jadi permainan ini mirip dengan permainan basket.
Scene Pembuka
Akan terlihat camera menghadap kebawah tegak lurus dengan objek, setelah itu kita hapus objek kotak nya dan kita ganti dengan objek plane. Shift A pilih mesh lalu plane. Lalu tekan numpad 0 untuk masuk ke view camera.
Kemudia perbesar ukuran plane hingga menutupi ruang view camera.
untuk memperbesar plane . tekan S lalu atur skalanya usahakan sampai menutupi view camera seperti gambar diatas. Setalah itu tambahkan objek Text dan ganti tulisannya dengan play caranya tekan Shift A lalu edit mode untuk mengubah tulisannya lalu beri warna. Seperti ini.
Tambahkan plane satu lagi untuk alas objek play agar membentuk button. Seperti ini
Beri warna plane tersebut agar terlihat
Lalu gabungkan plane yang kedua dengan objek text. Caranya tekan shift sembaring mengklik kedua objek. Lalu tekan ctrl + P dan pilih objek.
maka 2 objek tersebut akan bersatu dan tidak lepas jika kita ingin mengubah posisi atau besarnya. Selanjutnya melakukan animasi cara nya bertahap pertama klik gambar kunci yang ada dibawah pojok kanan.
lalu klik locscale lalu ubah frame yang dibawah menjadi satu seperti ini.
Lalu tekan I hingga muncul peringatan success seperti ini,
setelah itu atur lagi frame menjadi 3 lalu klik I lagi. Terakhir atur frame ke 2 lalu perbesar sedikit 2 objek gabungan tadi dengan menekan S lalu klik I seperti ini.
Lalu jika animasi klik button sudah diuat lanjut ke tahap game interface caranya masuk dahulu ke blender game dengan memlih menu yang atas.
Lalu plilih yang bagian default dab ubah menjadi game logic.
maka akan muncul tampilan game logic
Di situ akan muncul menu untuk sensor , contrtoller , dan actuator.
Sensor berguna untuk device apa yang akan menggerakkan suatu objek. Pilih add sensor lalu pilih mouse maka akan muncul tampilan sensor untuk mouse karena kita akan menggerakan objek dengan mouse. Dan mouse event pilih yang left button untuk menggerakkan objek dengan klik kiri pada mouse
di situ ada sebuah titik, itu adalah sebuah link yang menghubungkan satu fungsi dengan fungsi yang lain.
Pada fungsi controler pilih add controler lalu pilih AND.
Dan pada fungsi actuator pilih action.
klik pada kolom di samping continue pilih Plane yang kedua tadi dan berikan angka satu pada kolom Start dan dua pada End. Lalu coba link kan dari fungsi Sensor ke fungsi controler dan dari funsi controler ke fungsi actuator. Seperti ini
![]() |
Agar mouse terlihat saat di game di jalankan. Pilih properties yang sebelah kiri cari mouse cursor lalu centang mouse cursor tersebut. Seperti ini
Setelah selesai semua tekan P untuk run.
button akan membesar jika di klik. Dan lakukan seperti tadi untuk membuat button credit dan button exit. hingga ada 3 button yang utama untuk tampilan awal sebuah game. Seperti ini
Scene Permainan
Sekarang kita masuk kedalam Scene Permainan, Pada scene ini permainan akan berjalan. Langkah pertama adalah dengan membuat sebuat plane dengan lebar selebar lebarnya lalu di tambahkan objek bola dan objek ring basketnya. Seperti ini
Kita tambahkan penyannga pada bola yaitu seubah objek kubus yang dibentangkan agar nantinya bola saat terjatuh dapat restart. Jika tidak ditambahkan maka sistem permainan tidak akan berjalan dan karena bola akan restart terus menerus ke posisi awal nya.
Tambahkan objek kubus seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya pada objek bola diberi pola untuk locat dan geser kanan dan kiri. Agar bisa memasukkan bola ke keranjangperlu ditambahkan sensor dan actuator motion.
Keyboard pertama yaitu loncat diberi dengan menekan Spasi lalu jarak loncatnya menggunakan simple motion yang diberi nilai pada Force : X=0 , Y=7, Z=7, sama nilai Pada variable torque, Linear variable, dan Anuglar. Lalu untuk gerakan kanan dan kiri. Kanan menggunakan Key D pada keyboard dengan jarak X=0.1 sumbu lainnya 0 , lalu gerakan ke kiri menggunakan key A dengan jarak X= -0.1 sumbu laiinnya bernilai 0. untuk bola sendiri menggunakan Rigid body.
Karena jika menggunakan ini maka gerakan bola akan bebas . Seakan akan seperti benda nyata. Untuk lapangan permainan menggunakan sensor collison.
Yang apabila bola bersentuhan dengan lapangan maka posisi bola akan kembali normal, maka dari itu dipasangkan kubus tadi agar bola tidak looping terus menerus.
Selanjutnya membuat score dengan object empty dan pada objek terseubt ada beberapa fungsi yang digunakan serta kodingan.
Sensor nya menggunakan always agar otomatis beroperasii pada controler mengunakan Python karena di dalammnya terdapat kodingan . Pada script update.py.:
import bge
def main():
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
def init():
#first time there will not be an 'init' property
if not 'init' in own:
#create property 'init'
own['init'] = 1
if not 'score' in bge.logic.globalDict:
#create propery and set initial value
bge.logic.globalDict['score'] = 0
bge.logic.globalDict['timer'] = 0
def update():
#update he game score from global dictionary
own['score'] = bge.logic.globalDict['score']
bge.logic.globalDict['timer'] += 0.0167
own['time'] = bge.logic.globalDict['timer']
init()
update()
main()
script ini berguna untuk deklarasi untuk nilai pertama pada variabble score dan time yang nantinya keduanya akan di proses pada script nilai add5,8, dan 10. di game propertie ada beberapa type data yang digunakan diantara :
Score = integer dan timer=float
agar timer berhenti dan berpindah scene maka ditambahkan actuator scene untuk berganti scene
jika time sudah 30 maka waktu habis dan akan kembali ke menu.
Agar timer berjalan mundur klik pada bagian tanda kutip seperti gambar diatas.
Untuk score yang bernilai di setiap ringnya. Dimasukkan kodingan dari score di setiap ringnya seperti ini.
Benda yang berada di ring tersebut adalah sebuah kubus tadinya, gunanya sebagai sensor agar bola yang masuk ke ring tersebut dapat terbaca oleh score, maka dari itu oject tersebut di hilangkan dengan menekan invisible di panel sebelah kanan.
Pada script score.
Score yang ditambahkan dari setiap memasukkan bola pada ring nomor 10 adalah sebesar 10 point. Begitu seterusnnya dari setiap ring yang bernomor.
Untuk timernya menggunakan script python juga dan fungsi
Script pada Testtimer.py
import bge
def main():
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
own.text = "Time %4.1f" % (30 – bge.logic.globalDict['timer'])
main()
"Time %4.1f" % (30 --> untuk memulai nilai dari timer dari detik ke 30
pada proses score
diberi script Testscore.py
import bge
def main():
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
own.text = "Score " + str(bge.logic.globalDict['score'])
main()
variable Score nantinya akan di jumlahkan dari setiap script pada ring yang bernomor 10 5 dan 8.
Scene Finish
Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat scene akhir, scene tersebut berguna sebagai scene terakhir dan memberi pernyataan bahwa kita telah menyelesaikan permainan. Langkah yang awal yang harus kita lakukan adalah buat objek Plane dengan menekan SHIFT+A>Mesh>Plane dan membesarkannya dengan menekan S. Lalu diberi teks, dan diberi warna seperti ini
Lalu kembali ke game logic dan select ojet empty dan atur penempatan untuk memunculkan scene tersebbut seperti ini
agar scene terakhir muncul gunakan expresi score>=30, jika score lebih dari sama dengan 30 maka akan muncul scene ending yaitu scene yang menyatakan menang.
Selanjutnya adalah menyimpan project ini dengan ekstensi .exe, langkah pertama yaitu buka File>User Preferences>Addons>Game Engine>Game Engine: Save As Game Engine Runtime>Save User Settings>Close. Buka File>Export>Save As Game Engine Runtime, dan usahakan meletakannya dalam satu folder. Dan jika ingin memplaynya klik file yang berextensi exe. Demikianlah manual book sederhana yang di buat, Maka dari itu penulis berharap teman-teman dapat terus membagi ilmunya agar menjadi bermanfaat bagi orang lain.
III CARA MEMBUAT SOCCER GAME
Dalam Makalah ini berisi tentang cara membuat game sederhana, pada pembuatan objek ini saya menggunakan aplikasi Blender 2.71, Game sederhana tersebut berisi sebuah objek berbentuk kubus, dan lapangan sepak bola serta masing masing gawangnya. Untuk lebih jelasnya saya akan membahas satu bagaimana membuat objek-objek tersebut.
Scene Pembuka
Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat scene pembuka, scene tersebut berguna untuk masuk kedalam permainan. Langkah yang awal yang harus kita lakukan adalah masuk kedalam blender, kemudian ganti Blender Render menjadi Blender Game dan buat objek Plane dengan menekan SHIFT+A>Mesh>Plane dan membesarkannya dengan menekan S. Lalu tambahkan plane lagi diatas plane yang sebelumnya dan berikan di plane tersebut dengan menekan SHIFT+A>Text. Kemudian plane dan text tersebut kita beri warna dengan cara masuk kedalam Material kemudian pilih warna yang kita inginkan.
Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara supaya tulisan yang sudah kita buat sebelumnya dapat berfungsi seperti tombol button yang dapat berpindah ke scene selanjutnya atau scene permainan. Kita masuk ke Game Logic, untuk memudahkan pembaca saya akan menyertai gambar dibawah ini.
Ini adalah bentuk game Logic pada menu Play.
Ini adalah bentuk game Logic pada menu Credit.
Ini adalah bentuk game Logic pada menu Exit.
Scene Permainan
Sekarang kita masuk kedalam Scene Permainan, pada Scene ini kita kembali membuat Plane,sehingga membentuk sebuah lapangan sepak bola. Lalu kita juga membuat sebuah objek dengan menggunakan kubus dan sebuah bola dengan uv sphere. Lalu untuk score
Agar objek bisa berjalan maka pada game logic
Agar saat bola masuk kegawang terdapat sebuah skor pertama kita pilih Empty>Plain Axes lalu pada game logic.
Pada lapisan gawang pada menu physics dipilih invicyble agar saat game dijaalankan lapisannya tidak kelihatan lalu pada game logicnya
Memunculkan jumlah score pada permaiinan pada text “poin” klik kanan lalu pada game logicnya diberikan
Selanjutnya adalah menyimpan project ini dengan ekstensi .exe, langkah pertama yaitu buka File>User Preferences>Addons>Game Engine>Game Engine: Save As Game Engine Runtime>Save User Settings>Close. Buka File>Export>Save As Game Engine Runtime, maka game sudah tersimpan dengan ekstensi .exe.
Nama :
Angga Setyo S 50412892
M. Yafie D 55412129
Okta Panca P 55412579
Rizky Darmawan 58412318
Game:
Soccer VS
Basket






































GOOD (Y)
ReplyDeletesaya tertarik untuk mencobanya :)
bang boleh minta file .blend nya ga yg soccer game?
ReplyDelete